Sambut 1 Muharram 1446 H, Bacakan Beralas Daun Pisang sepanjang 100 Meter

41 views

Bandar Lampung,Harianduta.com-Berbagai macam cara dilakukan warga dalam menyambut datangnya malam pergantian tahun baru islam. Seperti yang dilakukan ratusan warga perum Griya Abdi Negara, lingkungan III, Sukabumi, bandar lampung, Sabtu malam (6/7/2024), menggelar acara bacakan atau makan bersama beralas daun pisang, menyambut tahun baru islam 1446 hijriyah. Mulai dari anak anak, remaja hingga dewasa, larut dalam kegembiraan. Selain menjadi tradisi tahunan, kegiatan ini sebagai ajang silaturahmi antar warga se lingkungan III perumahan Abdi Negara, Sukabumi.

Selain acara bacakan beralas daun pisang, momen menyambut 1 Muharram 1446 Hijriyah ini, juga digelar rangkaian acara santunan terhadap 16 orang anak yatim, piatu dan warga kurang mampu disekitaran lingkungan III Sukabumi dan doa bersama. Acara tahunan yang digelar oleh pengurus DKM Musholla Al AWWABIN ini, mendapatkan sambutan antusias warga perumahan. Sepriani salah satu warga mengaku bahagia dan senang bisa ikut hadir dalam acara tersebut. Selain ajang silaturahmi kegiatan ini menurutnya sangat bermanfaat, terutama edukasi kepada anak anak santribTPQ Ar raihan dan juga warga. “Senang dan meriah acaranya. Dan salut untuk kekompakan para jamaah musholla dan juga remaja islam nya,” ungkap Sepriani.

Agenda bacakan beralas kan daun pisang ini, menjadi tradisi yang setiap tahunnya digelar dalam setiap kali menyambut tahun baru islam atau menyabut 1 muharram. Menurut Ketua pelaksana peringatan rahun baru islam, Hendra Purwanto, kegiatan ini sebagai ajang mempererat silaturahmi antar warga, juga media untuk menanamkan nilai nilai keagamaan terutama bagi generasi muda dan santri TPQ.

“Bacakan ini, tradisi kami gelar setiap tahun baru islam. Selain bacakan kita juga menggelar santunan yatim piatu dan dhuafa dan ditutup bacakan bersama, ” tutur Hendra.