LANAL Lampung dan BRIGIF 4 Marinir Ungkap Benih Bening Lobster Ilegal

62 views

Bandar Lampung, Harianduta.com Komandan Lanal Lampung, Kolonel Laut (P) Dwi Atmojo didampingi oleh Komandan Brigif 4 Marinir/BS, Kolonel Marinir Sufriadi Tarigan, S.Ip, M.M. dan. Bapak Akhmadon, S.Pi, MM., Kepala Pangkalan PSDKP Jakarta, menggelar Konferensi pers. Jum’at Sore (14/06/2024).

Komandan Lanal Lampung, Kolonel Laut (P) Dwi Atmojo, menyatakan bahwa jajarannya melakukan penggeledahan dan pemeriksaan gudang yang diduga sebagai tempat penyegaran benih bening lobster (BBL). Berkaitan hak tersebut, disebutkan dari hasil data Intelijen didapat adanya kegiatan pengiriman BBL dari daerah Pantai Karang Hawu Jawa Barat. Dilaksanakan aksi penangkapan oleh Lanal Banten pada Kamis, 13 Juni 2024, sekitar pukul 18.15 WIB. Penggeledahan Gudang ini Kerjasama dan Sinergitas Lanal Lampung, Brigif 4 Marinir/BS dengan para penegak hukum di Lampung serta kelanjutan dari penangkapan pengiriman BBL yang dilaksanakan Lanal Banten.

Hasil pengembangan penangkapan di Banten didapat keterangan BBL tersebut akan dikirim ke gudang penyegaran BBL yang berada di Perum Nila Rahayu 3 Teluk Betung Selatan Bandar Lampung milik Srd. H. Pada Hari Kamis, 13 Juni 2024 sekira pukul 19.30 WIB, Tim Lanal Lampung bersama Tim Brigif 4 Mar/BS berkoordinasi dengan Ketua RT dan Sekurity Perumahan melaksanakan pemeriksaan dan penggeledahan gudang yang diduga digunakan untuk penyegaran BBL beralamat di Perum Nila Rahayu 3 No. 12 Kec. Teluk Betung Selatan Kota Bandar Lampung.

Dari hasil pemeriksaan dan penggeledahan ditemukan berbagai alat perlengkapan penyegaran benih bening lobster yang sedang beroperasi. Dalam pemeriksaan dan penggeledahan di gudang tidak ditemukan Tersangka dengan inisial H atau pekerja, diduga sudah melarikan diri. Barang bukti akan di kordinasikan dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Lampung guna proses lebih lanjut.

Penindakan terhadap pelanggaran ini sejalan dengan Perintah Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, S.E., M. Tr. Opsla kepada seluruh jajaran TNI AL (Pangkoarmada RI, Pangkoarmada I serta Komandan Lantamal III Jakarta sebagai atasan Langsung dari Lanal Lampung) untuk senantiasa meningkatkan kewaspadaan dan respon cepat terhadap segala informasi kegiatan ilegal, khususnya penyelundupan BBL yang saat ini marak di berbagai wilayah Indonesia.(Rls)