Lampung Craft V Dibuka Pamerkan UMKM Lokal 

52 views

Bandar Lampung Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dan Ketua Dekranasda Provinsi Lampung Ibu Riana Sari Arinal membuka Lampung Craft V Tahun 2024, di Graha Wangsa, Bumi Waras, Bandar Lampung, Selasa (7/5/2024).

Pameran Lampung Craft yang ke-5 (lima) tahun 2024 ini mengusung tema pesona keindahan Lampung Timur (The Aesthetic of East Lampung). Tema ini merupakan upaya peningkatan daya saing UMKM dan mendukung perkembangan industri kerajinan di Provinsi Lampung.

Lampung Craft 2024 ini akan berlangsung selama 5 (lima) hari, mulai dari tanggal 7 Mei sampai 11 Mei 2024, dan diikuti oleh 42 Stan.

Selain penampilan Kabupaten Lampung Timur, kita akan menyaksikan keanekaragaman produk wastra dari 15 kabupaten/kota se-Provinsi Lampung serta produk unggul lainnya yang diharapkan mampu menarik minat masyarakat untuk datang berkunjung.

Atas nama Pemerintah Provinsi Lampung, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengapresiasi terselenggaranya ajang promosi kerajinan terbesar dan terlengkap di Provinsi Lampung ini. Ia berharap dapat mendorong pembangunan ekonomi kreatif sekaligus menjaga dan mengembangkan adat-istiadat sebagai warisan budaya Lampung yang dibanggakan masyarakat Lampung.

“Pameran Lampung Craft 2024 bukan saja sekadar ajang pameran tetapi sebagai wadah bagi para pengrajin untuk mempromosikan produk unggulannya, memperluas jaringan bisnis dan meningkatkan penjualan. Selain itu, sebagai sarana edukasi kepada masyarakat Lampung agar lebih mencintai dan membeli produk-produk daerahnya sendiri,” ujar Gubernur Arinal.

Gubernur Arinal menjelaskan bahwa pertumbuhan UMKM di Provinsi Lampung terus meningkat. Jumlah UMKM di Provinsi Lampung pada tahun 2023 berdasarkan data Sistem Informasi Data Tunggal (SIDT) Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah RI mencapai 492.986 unit usaha yang terdiri dari usaha mikro, kecil dan menengah.

Meningkatnya peran UMKM pada perekonomian daerah menunjukkan bahwa pengembangan UMKM adalah salah satu sektor yang penting untuk didorong dan dipertahankan agar pertumbuhan ekonomi tetap tinggi.

“Oleh karena itu, UMKM perlu didorong untuk naik kelas dan semakin modern dalam rangka memberikan kontribusi yang lebih baik lagi bagi perekonomian daerah,” ujar Gubernur Arinal.

Gubernur Arinal menyampaikan Pemerintah Provinsi Lampung berkomitmen untuk terus mendukung dan memfasilitasi pengrajin Lampung melalui berbagai bantuan teknis, pelatihan keterampilan, akses ke pasar, serta akses ke pembiayaan yang akan membantu pengrajin kita mencapai potensi penuh mereka.

“Kami percaya bahwa dengan memberikan dukungan yang tepat, UMKM lokal kita dapat bersaing secara sehat di pasar yang semakin kompetitif,” jelasnya.

“Saya merasa bangga terhadap produk kerajinan yang ditampilkan dari para pelaku usaha pada pameran Lampung Craft 2024 ini, Terlihat kesungguhan, kerja keras, kreatifitas serta semangat pantang menyerah dari para pelaku usaha untuk menampilkan karya karya terbaik,” tambahnya.

Lebih dari itu, Gubernur Arinal memberikan penghargaan yang tinggi kepada Dekranasda Provinsi Lampung atas kontribusinya yang begitu besar dalam meningkatkan daya saing UMKM di Provinsi Lampung.

Ia juga memberikan penghargaan yang tinggi kepada seluruh jajaran Dekranasda Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung atas komitmen, kerja keras serta partisipasinya dalam mensukseskan acara ini.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Dekranasda Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal mengucapkan Selamat Datang di Gelaran Lampung Craft ke-5.

“Tidak terasa, sudah 5 kali berturut-turut selama 5 Tahun, Lampung Craft secara konsisten digelar oleh Dekranasda Provinsi Lampung. Sebuah ajang pameran kerajinan terbesar di Provinsi Lampung,” ujar Ibu Riana.

“Pernyataan ini bukanlah bermaksud untuk menyombongkan diri, namun penyelenggaraan Pameran secara konsisten ini menunjukkan keseriusan dan kesungguhan Dekranasda dalam upaya mendorong UMKM naik kelas, khususnya UMKM kerajinan,” ujarnya.

Untuk mendukung UMKM Naik Kelas, jelas Ibu Riana, diperlukan kerja keras, konsistensi, upaya yang tidak kunjung putus untuk mendidik, membina, sekaligus mengayomi. “Dan disinilah Dewan Kerajinan Nasional Daerah sebagai mitra Pemerintah Daerah melaksanakan perannya, Bersama dengan berbagai Organisasi Perangkat Daerah maupun Organisasi lainnya, Dekranasda melakukan pembinaan untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas perajin-perajin binaan,” jelasnya.

 

Lanjut, Ibu Riana menuturkan Lampung Craft pada akhirnya telah menjadi sarana bagi para perajin binaan Dekranasda memamerkan dan memasarkan karya-karya terbaik mereka. Di ajang pameran inilah kita akan menemukan kekayaan keragaman seni budaya Lampung dalam bentuk kerajinan. “Untuk itu, Saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bapak Gubernur Lampung dan jajaran yang telah mendukung kiprah dan kerja Dekranasda selama ini,” jelasnya.

 

Dalam penyelenggaraan Lampung Craft tahun ini, Ibu Riana menyampaikan bahwa akan ada banyak kegiatan yang digelar, bersifat edukatif berupa talk show dan sosialisasi bersama para narasumber yang kompeten, disamping penampilan seni budaya dan kreatif lainnya.

Di halaman depan gedung juga tersedia stan beragam kuliner yang enak-enak. “Untuk itu, Saya mengajak kita semua mendukung penyelenggaraan Pameran Lampung Craft ini,” ajak Ibu Riana.

Usai membuka secara resmi, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dan Ibu Riana Sari Arinal secara langsung meninjau stand Lampung Craft, yang menampilkan beragam produk kerajinan Lampung. (**)