Marindo Buka Lomba Cabor Fespati

32 views

Pringsewu, Harianduta.com-Olahraga panahan tradisional merupakan salah satu cabang olahraga panahan. Jenis olahraga ini merupakan olahraga yang menarik dan menyehatkan, juga memiliki nilai seni, pelestarian budaya dan keindahan dalam pelaksanaanya.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Pringsewu, saya mengucapkan selamat datang kepada seluruh pegiat (peserta) liga yang merupakan para anggota Federasi Panahan Tradisional Indonesia (FESPATI) Lampung,” kata PJ Bupati Pringsewu Marindo Kurniawan dalam Laga Internal Fespati Lampung di Pekon Pandan Sari, Kecamatan Sukoharjo pada Minggu 28 April 2024.

Dengan adanya liga tersebut, kelak dapat menjadi momentum silaturahmi, pengembangan potensi bidang pariwisata dan olahraga panahan di Kabupaten Pringsewu, Provinsi serta kancah Nasional.

Meskipun sangat sederhana baik dari segi alat yang hanya terbuat dari kayu atau bambu dan variasi teknik memanahnya, namun mengajarkan sportifitas, kekeluargaan, membutuhkan kecerdasan serta strategi tersendiri sekaligus belajar meningkatkan fokus dan konsentrasi kita.

Keunikan inilah, kata Marindo yang membuat panahan tradisional begitu diminati oleh seluruh kalangan, baik tua maupun muda, khususnya di Kabupaten Pringsewu ini.

“Besar harapan saya, liga internal yang diselenggarakan ini, selain merupakan arena pengasahan bakat, juga dapat menjadi ajang penyaluran bakat dan kecintaan dibidang olahraga panahan tradisional ini,” katanya.

Melalui kegiatan ini, tentunya diharapkan akan lahir bibit- bibit atlet berbakat yang berkesempatan mendapatkan ajang untuk pembuktian diri terhadap pembinaan yang telah dilakukan selama ini.

Marindo mengajak bersama-sama untu mendukung upaya pengembangan olahraga panahan tradisional di Indonesia agar dapat terus bangkit dan meraih prestasi gemilang. Dengan demikian, diharapkan akan mampu menggelorakan kembali semangat dan kebiasaan berolahraga bagi kita sekaligus memasyarakatkan olahraga.

“Tidak lupa saya berpesan kepada segenap panitia, penyelenggara, wasit, serta segenap pegiat dan penonton agar dapat bersama-sama menciptakan suasana sportif, tertib, dan kondusif serta penuh kemeriahan selama turnamen ini berlangsung,” pungkas Marindo. (Tim)