Panglima Hukum PDIP Terancam Gagal Ke Senayan

156 views

 

 

Jakarta -Harianduta.com-Arteria Dahlan dan Johan Budi, sesama caleg petahana dari PDIP yang terancam gagal lolos ke Senayan.

Dua politikus PDIP Arteria Dahlan dan Johan Budi Sapto Pribowo terancam kehilangan kursi di DPR RI. Caleg petahana itu kalah dibandingkan dengan kandidat lain dari partai yang sama di Pemilu 2024.

Arteria Dahlan yang maju di Dapil VI Jawa Timur (Tulungagung, Kabupaten/Kota Blitar, Kabupaten/Kota Kediri) dalam real count KPU RI per 1 Maret 2024 pukul 18.00 WIB hanya mendapatkan 46.004 suara.

 

Posisinya berada di urutan ketiga di internal PDIP di bawah kader lain Pulung Agustanto yang memperoleh 136.470 suara, serta Sri Rahayu yang mendapatkan 83.643 suara.

 

Dengan komposisi perolehan suara pada pemilu ini, PDIP berpotensi hanya mendapatkan dua kursi. Pulung Agustanto dan Sri Rahayu yang berpotensi menduduki 2 kursi itu. Jumlah perolehan kursi itu berkurang satu jika dibandingkan Pemilu 2019 yang memperoleh 3 kursi.

 

 

Sekadar informasi, Dapil VI Jatim memiliki kuota 9 kursi. Sembilan caleg yang berpotensi lolos ke Senayan adalah Pulung Agustanto (PDIP), Sri Rahayu (PDIP), Anggia Erma Rini (PKB), An’im Falachuddin (PKB), Sarmuji (Partai Golkar), Heru Tjahjono (Partai Golkar), Endro Hermono (Partai Gerindra), Nurhadi (Partai Nasdem), dan Ahmad Rizki Sadig (PAN).

 

Di sisi lain, pesohor Venna Melinda yang maju melalui Partai Perindo di Dapil VI Jatim juga hampir dipastikan gagal menjadi anggota DPR RI. Sebab pada data real count KPU RI dia hanya mendapatkan 10.810 suara. Selain itu partainya juga terancam tidak lolos ambang batas parlemen.

 

Sementara itu di Dapil VII Jawa Timur yang meliputi Trenggalek, Ponorogo, Pacitan, Magetan dan Ngawi, ada 3 caleg petahana yang berpotensi gagal kembali ke Senayan. Yakni Johan Budi Sapto Pribowo (PDIP), Sri Wahyuni (Partai Nasdem), dan Ibnu Multazam (PKB).

 

Berdasarkan real count KPU, perolehan suara Johan Budi berada di posisi ketiga di internal PDIP di bawah Budi Sulistyo Kanang dengan 97.895 suara dan istri Bupati Trenggalek Novita Hardini dengan 81.882 suara. Dari komposisi perolehan suara di Dapil VII Jatim, PDIP hanya berpotensi dapat 2 kursi.

 

Sekretaris DPC PDIP Trenggalek Doding Rahmadi,mengaku hanya Budi Sulistyo Kanang dan Novita  Hardini Yang berpotensi  Lolos Ke Senayan dari PDIP Dapil VII Jatim.

 

“Kalau dari perhitungan di internal, ya Pak Kanang sama Bu Novita. Untuk Pak Johan Budi sepertinya tidak lolos. Bahkan kalau dari perhitungan kami, Bu Novita itu suaranya tertinggi di PDIP Dapil VII Jatim,” kata Doding.

 

Disinggung angka pasti dari perhitungan PDIP, pihaknya belum bisa menyebutkan karena belum semua perolehan suara dari setiap PPK belum dilaporkan ke internal PDIP di Trenggalek.

 

“Karena kalau DPR RI itu satu dapil beda daerah, untuk Trenggalek sudah 100 persen laporannya, tapi untuk kabupaten lain masih belum,” imbuhnya.

(Dtc)