PPATK Sebut Ada Parpol Baru Transaksi Triliunan, Ini Bantahan PSI

69 views

Jakarta, Harianduta.com-Duh, belum lama ini, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) mengungkap adanya partai politik (parpol) baru yang memiliki transaksi keungan fantastis mencapai triliunan rupiah. Temuan ini telah membuat publik menduga-duga partai yang dimaksud. Sebab, PPATK sendiri tidak menyebut jelas nama partainya.

Menyikapi itu, Sekretaris Jenderal Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Raja Juli Antoni pun buka suara. Raja Juli memastikan partai baru yang dimaksud PPATK bukan PSI. Sebab, menurutnya, PSI bukan lagi partai baru karena sudah pernah ikut pemilu.

“Kami (PSI) kan bukan parpol baru, sudah pernah ikut pemilu kan,” kata Raja Juli.

Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang itu menyatakan yang dimaksud PPATK kemungkinan partai peserta pemilu.

“Coba saja dicek dulu, tapi pada prinsipnya apapun yang menjadi temuan PPATK itu kami meminta untuk membuka laporan tersebut ke publik,” kata Raja Juli.

PPATK sendiri tak menyebut jelas parpol baru yang dimaksud dan masih melakukan pendalaman dari mana sumber dana parpol baru itu.

“Makanya agar tidak terjadi duga-menduga, tidak terjadi misinformasi, ada baiknya data itu dibuka saja ke publik secara transparan, diumumkan,” kata Raja Juli.

PPATK sebelumnya mengungkap adanya partai politik yang belum lama berdiri namun memiliki transaksi keuangan fantastis mencapai triliunan rupiah.

“Tadi juga disinggung mengenai partai-partai yang baru dan sebagainya faktanya juga transaksinya luar biasa besar dan kita bicara trilunan dan ratusan miliar,” ujar Kepala PPATK, Ivan Yustiavandana, Rabu (10/1/2024).

Sayangnya, Ivan tidak mengungkap secara gamblang partai politik yang dimaksud. Namun, dia memastikan PPATK akan menganalisis sumber pendanaan partai tersebut hingga penggunaannya.

“Itulah kemudian PPATK perlu memahami sumber dana dari mana, kemudian dipakai buat apa dan segala macam,” katanya. (Dbs)