Berita  

CEO Talk PTPN I: Membangun Trust untuk Sukses Bersama

65 views

 

Bandar Lampung,Harianduta.com -Dalam sesi CEO Talk yang berlangsung pada Sabtu (28/9/24), Siwi Peni, Direktur SDM dan TI PTPN I, menekankan pentingnya kepercayaan sebagai fondasi utama dalam kepemimpinan.

 

Mengutip pemikir terkenal John C. Maxwell, Siwi Peni menjelaskan bahwa sikap respek muncul ketika seorang pemimpin dapat dipercaya dan mempercayai orang lain.

Acara pelatihan bertajuk “Enhancing Operational Excellence” ini dihadiri oleh 30 asisten tanaman dan pengolahan.

Siwi Peni mendorong para pimpinan unit kerja untuk mengubah paradigma berpikir mereka, menegaskan bahwa reputasi dibangun melalui kepercayaan yang diperoleh dengan perjuangan keras.

Sesi ini juga menampilkan narasumber dari berbagai divisi di PTPN I, termasuk Kepala Divisi Tanaman Karet, Hendra Putra, dan Kadiv. SDM dan TI, Hidayat.

Siwi Peni menjelaskan bahwa hilangnya kepercayaan sering kali disebabkan oleh manipulasi dan kebohongan, yang dapat meruntuhkan reputasi seorang pemimpin.

“Sebagai pemimpin, kita harus jujur. Kebohongan sekali akan memicu kebohongan lainnya, dan itu adalah awal dari hilangnya kepercayaan,” ungkapnya, menegaskan bahwa setiap individu di PTPN I memiliki peran sebagai pemimpin dalam unit kerjanya masing-masing.

 

Dalam pembahasannya, Siwi Peni menguraikan lima elemen kepemimpinan menurut Maxwell, memberikan contoh konkret yang relevan.

Ia menyoroti pentingnya memahami kontribusi individu terhadap keseluruhan perusahaan dan memberikan analisis mendalam mengenai neraca bisnis karet dan produktivitas penyadap karet.

“Setiap penyadap yang bekerja di lahan satu hanca dengan produktivitas rata-rata 14 kilogram per hari hanya menyumbang keuntungan kurang dari Rp1 juta per bulan setelah semua biaya. Ini menuntut kita untuk lebih peka terhadap kondisi yang ada,” jelasnya.

Siwi Peni menegaskan bahwa tantangan yang dihadapi sektor agro semakin berat dan mengajak semua pemimpin untuk mengelola perusahaan dengan sungguh-sungguh serta membangun trust yang tinggi di antara semua elemen PTPN I.