Marindo Minta Pelaku IKM Manfaatkan Teknologi Untuk Pasarkan Produk

23 views

Pringsewu, Harianduta.com-Dalam upaya meningkatkan produktifitas pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) Sektor Makanan, Pemerintah Kabupaten Pringsewu mengadakan Bimbingan Teknis yang dibuka oleh Penjabat Bupati Pringsewu Marindo Kurniawan di Hotel Regency Gadingrejo, Pringsewu, Senin (19/8/2024).

Penjabat Bupati Pringsewu Marindo Kurniawan mengatakan berbagai upaya terus dilakukan untuk meningkatkan produktifitas industri makanan dan minuman agar dapat menghasilkan produk yang berkualitas.

“Ini tentu tidak lepas dari peran pemerintah dan seluruh elemen masyarakat dimana IKM sebagai pilar penting dalam meningkatkan daya saing produk, bagi meningkatkan kesiapan industri makanan dan minuman dalam mengadopsi teknologi industri 4.0 agar lebih kompetitif melalui penerapan teknologi digital dan inovasi di berbagai aspek,” katanya.

Termasuk produksi, distribusi, dan pemasaran produk, dengan harapan kedepan, industri makanan dan minuman masih akan menjadi salah satu andalan penunjang PDB dan ekspor Indonesia. Terlebih berdasarkan data Kementerian Perdagangan RI, industri makanan dan minuman memiliki kontribusi besar bagi perekonomian Indonesia, dimana pada 2022 kontribusi sektor ini terhadap PDB Indonesia mencapai 6,32%.

“Bahkan pasca pandemi Covid-19, industri makanan dan minuman masih dapat bertahan dan tumbuh cukup baik hingga saat ini,” ujarnya.

Menurut Penjabat Bupati Pringsewu, Bimbingan Teknis yang dilaksanakan lebih fokus pada pengembangan inovasi dan kreatifitas untuk menghasilkan produk makanan yang berkualitas, sehat, higienis dan juga menarik sesuai dengan standar kesehatan.

“Untuk itu, saya berharap agar saudara-saudara dapat mengikuti kegiatan hari ini dengan serius dan penuh tanggung jawab hingga selesai, agar kedepannya akan semakin meningkatkan keahlian para pelaku usaha Industri Kecil Menengah, khususnya di sektor kreasi makanan dan minuman olahan,” harapnya.

Marindo Kurniawan juga mengharapkan para pelaku IKM dapat memanfaatkan teknologi sebagai sarana penunjang untuk memasarkan produk-produk yang di hasilkan sehingga akan semakin meningkatkan daya saing sekaligus menciptakan mayarakat mandiri guna meningkatkan perekonomian Kabupaten Pringsewu.

Hadir pada kesempatan tersebut, Penjabat Ketua TP-PKK sekaligus Dekranasda Kabupaten Pringsewu Agnesia Marindo, serta sejumlah kepala perangkat daerah terkait Pemkab Pringsewu. (*)