Jokowi Komentari Banyak Parpol Dukung Bobby Nasution Karena Mertua, Itu Faktor Elektabilitas

28 views
Presiden Jokowi (Ist)

Harianduta.com-Presiden Joko Widodo angkat bicara perihal sikap Ketua DPP PDI Perjuangan, Djarot Saiful Hidayat yang mempertanyakan dukungan yang diberikan oleh partai politik lain apakah lantaran sosok Bobby atau justru sang mertua, yakni Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Kepada wartawan saat kunjungan ke Lampung, Jokowi menyebut dukungan ke Bobby karena partai politik melihat elektabilitas Bobby.Hal itu jadi faktor dukungan dari partai politik tentunya.

“Tanyakan partai-partai, partai-partai itu pinter-pinter, biasanya yang dilihat elektabilitas,” kata Jokowi di Lampung, Kamis (11/7/2024).

Menurut Jokowi, partai politik mengusung seorang calon tak sembarangan. Partai politik, tambahnya, pintar dalam memilih calon. “Yang dilihat biasanya elektabilitas, jangan dipikir itu partai… partai itu pintar-pintar, apalagi ketuanya,” jelasnya.

Saat Jokowi menjawab pertanyaan wartawan, Ketum PAN yang juga Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) ikut nimbrung. Menurutnya, partai politik akan memilih calon yang berpotensi menang.

“Kita pilih yang menang dong,” timpal Zulhas.

Sebelumnya, Djarot mempertanyakan dukungan ‘super koalisi’ untuk Bobby di Pilgub Sumut karena kapasitas Bobby. Djarot menduga dukungan itu karena mertuanya, yakni Jokowi.

“Pilkada Sumut ya, untuk Mas Bobby sudah dapat (dukungan yang banyak), itu karena Mas Bobby-nya atau karena mertuanya? Itu pertanyaannya. Jadi pertanyaannya itu,” kata Djarot kepada wartawan di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta. (**)