PTPN IV KSO Regional 7 Tanam Pohon dan Tebar Ikan di Bekri

29 views

Lampung Tengah, Harianduta.com-Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2024, PTPN IV Regional 7 KSO melakukan penanaman pohon dan menebar benih ikan di Kebun Bekri, Lampung Tengah, Rabu (5/6/24). Selain di Kebun Bekri, kegiatan yang sama dilakukan serentak di seluruh Unit Kerja PTPN IV Subholding Palmco, termasuk Unit KSO (Kerja Sama Operasi) Regional 7.

Kegiatan yang merupakan bagian dari Program Peduli Lingkungan PTPN IV Regional 7 KSO ini ditandai dengan penanaman pohon, pembagian bibit pohon, dan penebaran benih ikan secara simbolis oleh Region Head Denny Ramadhan. Dari unsur masyarakat hadir beberapa kepala desa penyangga di wilayah Bekri.

Dalam laporannya, Manajer Kebun Bekri Agus Faroni mengatakan, program peduli lingkungan ini diikhtiarkan untuk memberi makna pada peringatan hari Lingkungan Hidup Sedunia dengan mengajak serta masyarakat sekitar. Selain memberi manfaat ekonomi, pesan tersirat yang ingin disampaikan adalah bahwa sebagai bagian dari penghuni bumi, setiap individu memiliki tanggung jawab moral untuk kelestarian alam.

“Kami sangat menyambut baik prakarsa Manajemen dengan program peduli lingkungan berbasis lingkungan hidup ini. Kami yakin, model pemberdayaan seperti ini akan mengeratkan hubungan harmonis antara perusahaan dengan lingkungan sekitarnya. Selama ini sudah harmonis, dengan program ini harus lebih harmonis lagi,” kata dia.

Dalam amanatnya, Region Head Denny Ramadhan menyampaikan, program yang mengambil momen Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024 ini dilakukan serentak di seluruh Kebun di bawah Subholding PTPN IV. Termasuk diantaranya, 11 kebun/pabrik kelapa sawit Regional 7 KSO yang berada di Lampung, Sumatera Selatan, dan Bengkulu.

Selain ditanam di areal milik perusahaan, ribuan bibit dan benih juga dibagikan kepada warga sekitar untuk memberikan manfaat ekonomi dan lingkungan. Secara simbolis, Denny menyerahkan bantuan bibit tanaman dan benih ikan kepada beberapa kepala desa sekitar yang hadir.

Selain secara ekonomi, agenda yang merupakan bagian dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) perusahaan Tahun 2024 ini juga untuk kelestarian lingkungan. Yakni, dalam rangka menjaga ekosistem daratan serta menurunkan tingkat emisi karbon khususnya di sekitar wilayah dan unit kerja regional yang melibatkan stakeholder.

Secara keseluruhan, Regional 7 KSO Palmco menanam dan menyerahkan bibit tanaman sebanyak *799 bibit pohon aneka buah-buahaan diantaranya mangga, alpukat, Duren, Jambu, Jeruk, Matoa, Sawo dan Kelengkeng serta 10.500 ekor bibit ikan lele, nila, patin dan gurame*. Ia menghimbau, seluruh pohon yang ditanam dan ikan yang ditebar untuk dipelihara dengan baik agar memiliki manfaat ekonomi dan lingkungan hidup.

“Penanaman pohon dan penebaran benih ikan ini merupakan salah satu bentuk komitmen kami untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup. Selain itu, kegiatan ini juga merupakan bentuk kepedulian kami terhadap masyarakat sekitar untuk meningkatkan ketahanan pangan,” ujar Denny.

Kegiatan penanaman pohon dan penebaran benih ikan ini disambut baik oleh masyarakat sekitar. Kepala Kampung Goras Jaya, desa yang berbatasan langsung dengan areal perusahaan, menyampaikan terima kasih kepada Unit Bekri Regional 7 KSO PTPN IV atas kepeduliannya terhadap kelestarian lingkungan hidup dan masyarakat sekitar.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Unit Bekri atas kepeduliannya terhadap kelestarian lingkungan hidup dan masyarakat sekitar. Bibit pohon dan ikan yang kami terima ini akan kami tanam dan pelihara dengan baik,” ujar Budianto.

Budianto juga berharap sinergi dan jalinan hubungan baik Unit Bekri Regional 7 KSO PTPN IV dengan masyarakat dapat terus dipelihara. “Kami berharap agar Unit Bekri Regional 7 KSO PTPN IV dapat terus menjalin kerja sama yang baik dengan masyarakat sekitar sehingga dapat memberikan manfaat bagi semua pihak,” tambah Budianto. (*)