1,7 Juta Pelanggan PLN di Lampung Masih Padam, Darma Optimis Malam Ini Terang Menunggu PLTU Tarahan Sinkron Sistem

75 views

Bandar Lampung, Harianduta.com. Provinsi Lampung mengalami blackout. Informasi dari PLN UID Lampung, listrik padam akibat gangguan transmisi SUTT 275 kV Lubuk Linggau-Lahat sehingga semua jaringan listrik padam pada Selasa (4/6/2024), pukul 11.00 WIB. Hingga saat ini lemadaman listrik khusus di Lampung masih 1.735.000 pelanggan yang masih mengalami pepadaman dari total pelanggan 2,6 juta PLN Lampung. Kendati demikian saat ini PT PLN (Persero) terus berupaya lakukan pemulihan pasca gangguan pada jaringan Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 275 kV Lubuk Linggau – Lahat.

Pasca terjadinya gangguan, PLN Unit Induk Distribusi (UID) Lampung langsung bergerak cepat melakukan pemulihan dari sisi pembangkit, transmisi dan distribusi, dan melakukan koordinasi dengan stakeholder.

Manager Komunikasi dan TJSL PLN UID Lampung, Darma Saputra, dalam siaranpersnya  Rabu (5/6) pukul 15.00 WIB, sebanyak 100 persen Gardu Induk di Lampung sudah bertegangan sehingga sebanyak 865.447 pelanggan telah kembali menyala. PLN UID Lampung terus berupaya lakukan penormalan bertahap sehingga masyarakat bisa kembali menikmati listrik.

PLN menyampaikan permohonan maaf atas kondisi ini. PLN memohon dukungan dari stakeholder dan masyarakat agar dapat mengatasi gangguan ini secepat mungkin.

Saat ditanya apakah malam ini bisa 100 persen, Darma menjawab optimis malam ini bisa 100 persen. “Kita menunggu PLTU di Tarahan sinkron system, Jika sinkron, Insha Allah menyala,” demikian kata Darma. (Bon)