Pemkot Jamin Stok Vaksin Rabies

31 views

Bandar Lampung, Harianduta.com-Pemerintah Kota Bandar Lampung melalui Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Bandar Lampung menyebut stok vaksin rabies untuk manusia masih terbilang banyak.

Alhasil, warga yang merasa terkontaminasi virus rabies diminta untuk segera berobat.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandar Lampung Desti Mega Putri mengatakan, stok vaksin rabies untuk manusia sejauh ini terbilang aman.

“Stok kita ada dan aman ya, kemarin itu di gudang per akhir April kemarin ada sekitar 286 vial. Mudah-mudahan cukup untuk masyarakat,” katanya, Senin, 20 Mei 2024.

Menurutnya, dengan ketersediaan vaksin, penyebaran rabies bisa ditekan dengan cara mendatangi Puskesmas yang ada di Kota Tapis Berseri.

Di 31 Puskesmas kita ada semua vaksinnya. Tersedia dan di sentranya, pada Puskesmas rawat inap, yaitu Puskesmas Satelit. Jadi orang bisa datang langsung,” ungkapnya.

“Vaksinnya pun gratis. Di mana, Bandar Lampung sendiri mempunyai 16 Puskesmas rawat inap,” lanjutnya.

Meski begitu, dirinya menekankan bahwa vaksin tersebut mempunyai sifat pengobatan bukan pencegahan seperti Covid-19. Syaratnya harus ada gigitan dari hewan penyebar rabies, karena vaksin ini bersifat pengobatan, bukan pencegahan.