Pemkot Siapkan 5 Milar Bangun Pagar Pembatas TPA Bakung

49 views

Bandar Lampung, Harianduta.com-Jika tidak ada halangan, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) setempat segera membangun dinding pembatas yang roboh akibat hujan dan muatan over kapasitas di Keteguhan, Teluk Betung Timur (TBT).

Plt. Kepala Dinas PU Bandar Lampung Muhaimin mengatakan, proses pembangunan tersebut direncanakan akan mulai dilakukan pada Juni mendatang.

“Insya Allah bulan depan kita bangun kembali dinding yang roboh itu,” kata Muhaimin.

Kalau untuk sekarang ini kita ambil dulu sedimennya,” ungkapnya.

Lebih lanjut dirinya menyebut, perbaikan dinding pembatas tersebut akan dilakukan memanjang kedepan atau dengan kata lain menambah luas dari yang sebelumnya.

“Posisinya masih sama, hanya maju sedikit dari posisi yang lama, di depannya,” ujar dia.

Dalam pembangunan dinding pembatas dengan total panjang mencapai 30 meter dan tinggi 8,5 meter itu pihaknya telah mengajukan dana perbaikan sebesar Rp 5 miliar.

Kurang lebih Rp 5 miliar. Nantinya dinding itu tetap akan kita satukan dengan sisa dinding yang roboh itu, dan ditargetkan akan selesai pada November mendatang,” tandasnya.

Ya, pasca roboh, keadaan tanggul atau dinding pembatas antara TPA Bakung dan pemukinman warga di Keteguhan, TbT, Bandar Lampung kini nyaris jebol keseluruhan, Rabu, 1 Mei 2024.

Diketahui jebolnya TPA Bakung itu teleha melebihi kapasitas. Dimana luas TPA tersebut 15 hektare dan setiap harinya menampung 800-1.000 ton sampah dari masyarakat,” ucapnya.

“Dan sejak 2023, TPA Bakung sudah mengalami kelebihan kapasitas,” pungkasnya.