Pemkot Bandar Lampung Siap Bangun BLK Tahun2025

18 views

Bandar Lampung, Harianduta.com-Pemerintah Kota Bandar Lampung berencana membangun Balai Latihan Kerja (BLK) pada tahun 2025. Pembangunan BLK ini sesuai rekomendasi DPRD setempat untuk menekan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT).

Sekretaris Kota Bandar Lampung, Iwan Gunawan mengatakan rencana pembangunan BLK ini sudah dibahas bersama DPRD. Anggaran yang disiapkan sebesar Rp500 juta.

“Untuk sarana dan prasarana BLK itu kita anggarkan di tahun 2025. Rencananya Rp500 juta,” kata Iwan kepada awak media, Rabu (1/5/2024).

Nantinya Pemkot akan menggunakan aset gedung sekolah yang sudah tidak terpakai untuk direnovasi menjadi BLK. Lalu melengkapi berbagai fasilitas yang dibutuhkan untuk pelatihan masyarakat.

“Lokasinya di Sumur Putri, naik ke atas di sebelah kiri. Ada gedung sekolah,” jelasnya.

Untuk fasilitas yang akan disiapkan, Iwan mengatakan sudah meminta proposal dari Dinas Tenaga kerja Bandar Lampung terkait apa saja yang dibutuhkan. Agar sarana dan prasarana di BLK ini nantinya benar-benar sesuai kebutuhan.

“Kita lagi minta Kepala Dinas Tenaga Kerja membuat proposal apa-apa saja yang dibutuhkan untuk Pembangunan ini, termasuk saran dan prasarananya. Tapi itu memang kita sudah programkan di tahun 2025. Jadi rekomendasi dari Disnaker untuk menyesuaikan pelatihan-pelatihan agar mereka (masyarakat) punya keahlian,” ujarnya.

Iwan berharap dengan hadirnya BLK ini akan dapat menekan angka pengangguran terbuka di Bandar Lampung.

“Dengan ini kita harapkan akan ada peningkatan ekonomi kemudian daya saing personal dengan pelatihan di BLK. Kemudian dengan banyaknya investor yang masuk ke Bandar Lampung kita harapkan angka pengangguran bisa berkurang,” harapnya.

Sebelumnya DPRD Kota Bandar Lampung meminta Pemkot untuk segera membangun Balai Latihan Kerja atau BLK.

Hal itu disampaikan anggota DPRD Bandar Lampung, Hadi Tabrani saat membacakan rekomendasi DPRD dalam rapat paripurna LKPJ Walikota tahun 2023, pada Selasa (30/4/2024).

Kepada awak media, Hadi mengatakan pembangunan BLK ini memang sangat penting dalam memberikan pembinaan bagi masyarakat untuk berkarya dan membuka usaha.

“Kita sudah bahas ini dengan Dinas Tenaga Kerja tentang perlunya dibangun BLK. Karena sampai saat ini kita belum ada Balai Latihan Kerja,” kata Hadi Tabrani.

Menurutnya masyarakat masih banyak yang kesulitan mendapatkan pekerjaan karena tidak punya keterampilan. Sehingga perlu dibina dan dilatih di BLK agar nantinya bisa berkarya dan membuka usaha sendiri.

“Masyarakat masih sulit dapat kerja, mereka harus bisa bekerja sendiri, dan punya kemampuan diri sendiri sehingga ekonomi kita bisa meningkat. Salah satunya dengan BLK. Ini fungsinya untuk peningkatan SDM secara langsung,” kata dia. (*)