Pemkot Bandar Lampung Sidak Parsel dan Gudang Makanan Distributor

27 views

Bandar Lampung, Harianduta.com-Tim Satgas Pangan Kota Bandar Lampung melaksanakan inspeksi mendadak (sidak) di beberapa lokasi parsel dan gudang makanan distributor di Kota Tapis Berseri menjelang lebaran, Kamis (28/3).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pangan Kota Bandar Lampung, Mohammad Yusuf mengatakan pihaknya bersama OPD terkait melakukan sidak ke gudang makanan di Jalan Majapahit, Kecamatan Enggal, dan toko parsel pinggir Jalan Sultan Agung.

Tujuan sidak kali ini, kata Yusuf untuk memastikan keamanan produk pangan yang beredar menjelang hari raya Idul Fitri.

“Ini banyak pedagang (parsel) musiman yang sumber distribusinya kita tidak ketahui. Mereka tidak seperti toko modern atau pasar modern yang distributornya jelas,” kata Yusuf.

 

Menurutnya, di gudang makanan berupa buah-buahan dan makanan di Jalan Majapahit, Kecamatan Enggal pihaknya menemukan beberapa temuan dalam sidak, diantaranya prodak yang tidak teregister, prodak kedaluarsa, dan penempatan makanan yang tidak sesuai.

“Sidak ini ada konsekuensi nanti kita akan datang lagi terkait dengan gudang secara langsung apa mereka mematuhi atau tidak rekomendasi dari kami,” jelasnya.

Ia memberi contoh terhadap gudang makanan di Jalan Majapahit, Kecamatan Enggal yang diharuskan memusnahkan bahan makanan yang oleh Tim Satgas Pangan Bandar Lampung dilihat sudah kedaluarsa.

“Kita udah buat berita acara pemusnahan barang dan itu harus ada feedback (distributor) ke BPOM. Kalau itu tidak dilakukan ada sanksi-sanksi yang menjerat,” pungkasnya. (**)