Walikota Eva Dwiana Minta Pengembang Citra Garden Tanggungjawab Soal Banjir

33 views

Bandar Lampung, Harianduta.com-Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana menegur keras pengembang Perumaham Citra Garden atas insiden banjir yang menggenang wilayah di Kelurahan Negeri Olok Gading, Kecamatan Teluk Betung Barat, pada H+2 lebaran Idulfitri 2024.

Eva Dwiana mengklaim penanganan banjir yang dilakukan oleh Citra Garden dinilai lambat. Dikarenakan air hujan bermuara di wilayah Citra Garden meluap ke pemukiman yang berada di bawah Citra Garden.

“Kita baru didatangi jam 2 siang padahal sejak pagi tim Pemkot Bandar Lampung sudah hadir di TKP,” kata Eva saat aundiensi dengan Citra Garden di ruang kerjanya, Selasa (16/4).

Ia menyayangkan tindakan yang dilakukan oleh Citra Garden ihwal perubahan alih fungsi kali menjadi gorong-gorong yang dangkal sehingga terjadi penyempitan aliran air.

“Itu ada kali kita yang biasa 2 meteran ditutup (oleh Citra Garden), mereka buat gorong-gorong. Ya gorong-gorongnya besar cuma kedalamannya agak pendek dan banyak sampah kemarin kita angkut ada tiga truk,” jelasnya.

Selain itu, Bunda Eva sapaan akrabnya meminta embung yang ada di perumahan Citra Garden agar tidak serampangan membuka pintu airnya. Hal ini dikarenakan dapat membanjiri wilayah yang ada di bawah perumaham Citra Garden yakni Kelurahan Negeri Olok Gading.

“Harus koordinasi dulu (dengan pemkot), kalau bisa pintunya harus ada tempat pembuangan. Jangan jatuhnya itu air ke arah ke gorong-gorong yang ada di masyarakat. Jangan dialirkan ke sana,” ujarnya.

Sementara itu, Perwakilan Pengembang Citra Garden, Rudi mengatakan akan mengeruk sedimentasi sampah di gorong-gorong Citra Garden imbas banjir.

“Kita akan lakukan pembersihan areal karena kemarin banyak sampah. Kita juga sebenarnya punya petugas kebersihan,” jelasnya. (**)