Kandidat Bacawagub Lampung Brigjen Pol M Ikhsan Tawarakan Solusi Atasi Macet Pelabuhan Bakauheni Merak

136 views

Bandar Lampung, Harianduta.com- Pasangan Kandidat Bakal Calon Gubernur Lampung Ahmad Muslimin dan Brigjen Pol Pur Drs Muhammad Ikhsan berkeinginan menghidupkan ide untuk bisa membangun jembatan selat Sunda yang menghubungkan Bakauheni Lampung -Merak Banten.

Pasangan Ahmad Muslimin dan Brigjen Pol Pur M. Ikhsan yang memiliki tagline (Gubernur Rakyat Lampung (Gurla) ini mengaku prihatin dengan kemacetan yang terjadi setiap tahun saat mudik lebaran di Bakauheni dan Merak.

Hal tersebut disebabkan kata dia karena penumpukan kendaraan dan lambatnya proses bongkar muat yang terjadi di kedua pelabuhan tersebut.

“Kita punya mimpi menghidupkan ide bisa membangun jembatan Bakauheni-Merak agar bisa terwujud. Salahsatunya membangun jembatan dari satu pulau ke pulau dulu,” tegas M. Ikhsan kepada awak media, Minggu (7/4/2024).

Mantan Wadir Lantas Polda Metro jaya ini mengatakan setiap tahun selalu terjadi kemacetan dan penumpukan kendaraan di Bakauheni dan Merak akibat kemampuan dan kapasitas kapal yang ada.

“Saat ini regulasi pengaturan kapal yang mengatur ASDP. Kita bisa hitung berapa kendaraan yang bisa diangkut dengan kapal roro (roll on roll off) sekali bongkar dan muat dan berapa lama perjalanan termasuk waktu bongkar muat yang cukup lama,” kata Ikhsan yang juga pernah menjadi kasat lantas Polresta Bandar Lampung ini

Meskipun saat ini sudah ada terminal eksekutif yang melakukan trip setiap 1.5 jam, Lanjut Ikhsan ditambah dermaga Cimanda Panjang khusus truk dan sepeda motor semua itu belum mampu mengatasi jumlah angkutan yang akan melintas di selat sunda tersebut.

“Dan mirisnya setiap tahun tidak ada evaluasi yang signifikan dari semua pihak. Harusnya kan ada solusi konkrit aik jangka menengah, panjang dan pendek, sehingga kedepan setiap mudik lebaran tidak lagi terjadi antrian kendaraan yang panjang dan berkilo-kilo meter,” ungkap mantan Kapolres Tasikmalaya ini.

Untuk itu Ikhsan menggagas ide untuk mewujudkan mimpi membangun jembatan selat sunda menghubungan Bakauheni -Merak yang pernah ada di era gubernur lampung Sjachroedin ZP.

“Ide mimpi ini sudah ada sejak era Gubernur Sjachroedin ZP. Sekarang kita berupaya mimpi ini terwujud. Caranya kita bisa bangun bertahap misalnya dari satu pulau ke pulau dulu,” tutupnya. ***