Honorer Yang Masuk Database, Wajib Ikut Test CASN 2024

119 views

Jakarta, Harianduta.com-Siap-siap bagi para honorer, pada tahun 2024 ini. Kenapa! Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Abdullah Azwar Anas sebut tentang skema penyelesaian masalah honorer.

Begini, pemerintah akan mengangkat honorer menjadi PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) sebagai salah satu solusi untuk menangani permasalahan honorer.

Namun, honorer diwajibkan untuk mengikuti seleksi CASN 2024 terlebih dahulu. Pasalnya dalam artian tenaga honorer tidak dapat diangkat begitu saja menjadi PPPK oleh pemerintah.

Salah satu syarat honorer yang dapat mengikuti seleksi CASN 2024 yaitu tenaga honorer yang datanya telah terverifikasi di BKN (Badan Kepegawaian Negara).

Lantas bagi honorer yang mempertanyakan apakah datanya telah terverifikasi di BKN atau belum?

Honorer dapat melakukan satu langkah untuk mengetahui hal tersebut. Honorer hanya perlu menghubungi call center BKN dengan menyebutkan Nama untuk mengetahui apakah datanya sudah terverifikasi.

Pemerintah telah berkomitmen untuk menangani seluruh permasalahan honorer sebelum Desember 2024.

Meskipun honorer diharuskan untuk mengikuti seleksi CASN 2024 terlebih dahulu.

Seleksi CASN 2024 tersebut bukanlah hal yang perlu dikhawatirkan oleh tenaga honorer.

Simak inilah cara untuk mengecek nama-nama tenaga guru honorer atau non-ASN yang sudah resmi masuk dalam database BKN 2024.

Nama-nama yang telah masuk dalam database tersebut resmi diangkat CPNS.

Sementara itu, lantas apakah benar tes CASN PPPK untuk guru honorer hanya sebagai formalitas saja?

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) telah membuka 419.146 formasi guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2024.

Formasi itu disediakan untuk membantu Kemendikbud Ristek mencapai pengangkatan guru honorer sebanyak 1 juta pada tahun 2024.

Sampai dengan 2023, Kemendikbud telah meluluskan 774.999 guru PPPK. (Nas)