Progres Pengembangan BHC, Penataan Kawasan Siger Park Jadi Target Selanjutnya

77 views

Lampung Selatan, Harianduta.com-PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) akan segera memulai penataan lanjutan Kawasan Bakauheni Harbour City (BHC), Lampung Selatan khususnya di Siger Park pada tahun 2024. Hal ini melihat potensi Kawasan BHC yang akan terus dikembangkan serta antusiasme pengunjung Krakatau Park yang mencapai 88.469 orang dan pengunjung Siger Park yang mencapai 36.169 unit kendaraan selama tahun 2023.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin mengatakan pengunjung Siger Park pada _moment_ malam tahun baru saja mencapai lebih dari 15 ribu orang. Melihat hal ini, penataan landscape area Siger Park yang dibagi menjadi 2 tahap ini akan menjadi target ASDP selanjutnya. Dengan demikian, wajah Siger Park akan terlihat lebih rapi dan tertata.

“Jika persiapan pra-konstruksi sudah matang, maka konstruksi akan segera dimulai. Terlebih lagi melihat antusiasme pengunjung pada akhir tahun, ASDP akan mengoptimalkan pembangunan BHC sebagai upaya ASDP untuk menghidupkan perekonomian daerah dan juga meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa pelabuhan,” jelasnya.

Adapaun jalan akses Krakatau Park menuju Siger Park dan skywalk, tambahnya, saat ini sudah dalam proses konstruksi dan kontraktor untuk penataan landscape Siger Park tahap 1 sudah terpilih. “Kami terus dorong pembangunan dan pengembangan BHC secara bertahap ini berlangsung lancar tanpa kendala sehingga semakin dapat memberikan kenyamanan pada pengunjung. Kemudian, selain penataan ini, ASDP juga sudah melakukan tahap perencanaan untuk Siger Sport, Amphiteather, dan Museum Siger,” ungkap Shelvy.

Untuk menunjang Pesta Akhir Tahun 2023 sebelumnya, sejumlah fasilitas dioperasikan, diantaranya Krakatau Park, Masjid BSI, ⁠Selasar Siger, Market Siger, ⁠area parkir krakatau park, dan area parkir Siger Park. Pada malam tahun baru yang digelar di Selasar Siger, tercatat kurang lebih 15.739 orang ikut merayakan dan menyambut tahun bersama. Selama periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 ini juga terdapat 24 UMKM yang ikut meramaikan di Siger Market Mandiri.

Data mencatat, total 88.469 orang berkunjung ke Krakatau Park sejak dibukanya pada April 2023 hingga Desember 2023 dengan jumlah pengunjung tertinggi pada periode Desember 2023 sebanyak 25.783 orang. Sedangkan, tercatat total 21.717 unit motor dan 14.452 unit mobil telah berkunjung ke Siger Park pada periode April 2023 hingga Desember 2023.

“Pengembangan BHC sejalan dengan visi perusahaan untuk menjadi yang terdepan dalam menghubungkan masyarakat dan pasar melalui jasa penyeberangan-pelabuhan terintegrasi dan tujuan wisata waterfront. Diharapkan dengan telah berjalannya proses konstruksi BHC ini dapat memberikan wajah baru untuk pelabuhan yang lebih nyaman dan berkesan untuk pengguna jasa,” pungkas Shelvy.