Viral Baim Wong Jualan iPad Rp 1Juta, Bea Cukai Turun Tangan

83 views

Jakarta, Harianduta.com – Artis Baim Wong sedang menjadi sorotan karena menjual iPad murah Rp 1 jutaan. Terlihat beberapa kardus besar berbaris berisi iPad dengan kemasan yang hanya dibungkus plastik.

“Siapa yang bilang iPad mahal hayo? Enggak. Saya kasih harga murah Rp 1 juta. Beneran nih ini namanya menyambut 2024 saya kasih hadiah. Udah lama nih kita nggak berbagi yang mantep banget, bener bosque?” kata Baim Wong di akun TikTok-nya dikutip Rabu (27/12/2023).

 

Konten itu pun ramai diperbincangkan di media sosial X atau Twitter yang menyebut itu adalah iPad refurbished. Salah satu netizen dengan akun centang biru me-mention akun Staf Khusus Menteri Keuangan Bidang Komunikasi Strategis Yustinus Prastowo, agar ditindaklanjuti kegiatan impornya apakah resmi atau ilegal.

 

 

 

“Nggak ada ceritanya bisa impor elektronik bekas. Izin dan prosesnya bukan main. Gue impor casing PC 1 biji ada goresan keliatan bekas aja akhirnya jadi timbunan. Minta tolong Pak @prastow praktek impor elektronik bekas ini diberantas soalnya saya iri sama mereka bisa cuan,” kata akun @*uca*yz*.

 

Menanggapi itu, Prastowo mengaku sudah menyampaikannya kepada Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) untuk kemudian ditindaklanjuti.

 

“Siap. Terima kasih. Kemarin sudah kami sampaikan ke rekan-rekan DJBC. Semoga segera dikoordinasikan dan tertangani dengan baik,” ucap Prastowo.

 

Dihubungi terpisah, Direktur Komunikasi dan Bimbingan Pengguna Jasa DJBC Kementerian Keuangan Nirwala Dwi Heryanto mengatakan pihaknya memang benar sedang menyelidikinya.

 

“Saya juga baru dapat (infonya), kita lagi telusuri,” ucap Nirwala.

 

Dihubungi terpisah, Direktur Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan Askolani juga menyebut pihaknya bakal melakukan pengecekan. “Nanti akan di-recheck rekan-rekan BC (Bea dan Cukai) mengenai hal tersebut persisnya,” katanya saat dihubungi detikcom. (Dtc)