M.Firsada Tegaskan Pentingnya Peran Perempuan Sebagai Agen Perubahan

66 views

 

 

Harianduta.com-Tulang Bawang Barat – Penjabat (Pj) Bupati Tulangbawang Barat (Tubaba) Drs. M. Firdada, Menegaskan Pentingnya Peran Perempuan Sebagai Agen Perubahan.

Hal itu disampaikan Pj Bupati M. Firsada saat memperingati HUT Ke-24 Dharma Wanita Persatuan (DWP) dan Peringatan Hari Ibu (PHI) Ke-95, yang berlangsung di Aula Lantai 3, Kantor Pemda, Kabupaten setempat. Senin (18/12/2023).

“Pentingnya peran perempuan sebagai agen perubahan yang menjadi kunci dalam mewujudkan kemajuan bangsa dan negara dalam peran sertanya mendukung pembangunan yang berkelanjutan,” tegas M. Firsada.

“Sebagaimana yang kita ketahui, Dharma Wanita Persatuan adalah pendukung utama bagi para abdi negara dalam menjalankan tugas-tugasnya. Namun Dharma Wanita Persatuan juga memiliki peran yang sangat strategis dalam memberikan kontribusi nyata terhadap pembangunan berkelanjutan di segala sektor,” imbuhnya.

Semantara itu, lanjut M. Firsada, peringatan Hari Ibu yang mengusung tema “Perempuan Berdaya, Indonesia Maju,” juga menegaskan prioritas pengarusutamaan gender yang sangat penting untuk membuka ruang dan peran seluas-luasnya bagi Perempuan dalam menggerakkan roda Pembangunan di Negeri ini.

“Perempuan yang berdaya akan menjadi kekuatan utama dalam memajukan bangsa dan negara di beragam sektor yang dapat menjadi motor penggerak dalam program-program prioritas Pemerintah seperti pengentasan kemiskinan ekstrem, penanganan stunting, pemenuhan hak anak dan lain sebagainya,” kata dia.

M. Firsada juga menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Tubaba yang telah berperan aktif dalam mendukung program pembangunan daerah.

“Melalui berbagai kegiatan sosial, edukasi, dan pemberdayaan masyarakat, Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Tulang Bawang Barat telah membuktikan bahwa peran strategis Perempuan tidak hanya sebatas retorika, namun telah di wujudkan dalam tindakan nyata,” ungkapnya.

Menurut M. Firsada, momentum Peringatan HUT Dharma Wanita Persatuan dan Hari Ibu ini juga menjadi panggung bagi semua untuk meninjau kembali upaya-upaya konkret yang telah dilakukan sekaligus merumuskan langkah-langkah selanjutnya dalam memperkuat peran strategis perempuan dalam pembangunan berkelanjutan di daerah Tubaba.

“Saya yakin, dengan semangat kebersamaan dan sinergi antara pemerintah, masyarakat, dan lembaga-lembaga perempuan seperti Dharma Wanita Persatuan, kita dapat mencapai hasil yang jauh lebih baik dalam upaya mewujudkan Kesejahteraan untuk semua,” pungkasnya.

Sedangkan, dikesempatan yang sama, Ketua DWP Tubaba, Novianti Novriwan menyampaikan, DWP sebagai organisasi masyarakat perempuan terbesar di Indonesia yang memiliki standing position dan mempunyai peran strategis dalam konstelasi pembangunan Nasional.

“Peringatan hari ulang tahun Dharma Wanita Persatuan yang ke-24 mengambil tema peran strategis Perempuan dalam Pembangunan berkelanjutan. Hal ini selaras dengan peran perempuan yang perlu untuk terus mengembangkan diri dalam menghadapi pesatnya perkembangan zaman dalam upaya berkontribusi untuk kemajuan bangsa,” kata Novianti Novriwan.

Dia berharap serta mendorong kepada seluruh istri ASN di Kabupaten Tubaba yang tergabung dalam Organisasi DWP ini dapat memperkuat peran serta dalam pembangunan dan mengembangkan sumber daya manusia yang berkualitas ,berwawasan global serta mendukung tugas tugas suami yang mengabdi sebagai ASN di Kabupaten Tubaba.

“Selamat ulang tahun yang ke-24 kepada Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Tubaba dan Selamat Hari ibu yang ke-95. Semoga seluruh istri ASN di Kabupaten Tubaba kedepanya dapat terus berperan serta dan bersinergi demi terwujudnya pembangunan berkelanjutan di Kabupaten Tubaba,” tandasnya.(Yuda)