Arinal Gandeng Umar Ahmad ?

293 views
Arinal Djunadi (Ist)

Bandar Lampung, Harianduta.com – Konstelasi politik Lampung menjelang pendaftaran KPU 27-29 Agustus 2024 mendatang semakin dinamis.

Kabar terbaru, bakal calon gubernur dari Partai Golkar Arinal Djunaidi yang sejak awal berharap bisa berkoalisi dengan Partai Demokrat untuk berduet dengan Ketua DPD nya Eddy Irawan Arief nampaknya bakal kandas.

Pasalnya, menurut informasi yang dirangkum media ini, DPP Partai Demokrat petang ini, Kamis (15/8/2024) sekira pukul 18.00 WIB secara resmi akan mengumumkan dukungan ke rivalnya Rahmad Mirzani Djausal (RMD) yang akan berpasangan dengan Jihan Nurlela.

Hal itu disampaikan Sekretaris DPD Partai Gerindra Lampung, Ahmad Giri Akbar.

“Ya betul, untuk kepastiannya kita tunggu sore nanti pengumumannya pukul 18.00 WIB. Mohon doanya, ” kata Giri Akbar kepada awak media.

Senada dikatakan Ketua Bappilu Partai Demokrat Lampung Hanifal. Kendati dirinya secara resmi belum mengetahui apakah betul rekomendasi DPP Partai Demokrat akan berlabuh ke RMD, namun dia membenarkan jika DPP sore ini mengagendakan pengumuman rekomendasi bakal calon kepala daerah dari seluruh Indonesia.

“Ya kalau RMD bakal direkomendasikan Demokrat kami justru belum tahu. Tapi kalau informasi DPP sore ini nanti ada agenda pengumuman bakal calonkada memang betul,” ujar dia.

Dihubungi melalui pesan WhatsApp, Arinal Djunaidi terkesan pasrah atas keputusan Partai Demokrat tersebut. Saat ditanyakan apakah masih ada peluang berpasangan dengan Edi Irawan Arief Arinal justru menepis.

“Sudah ke Gerindra DR. Edy Irawan,” tulis Arinal melalui pesan WhatsApp nya.

Saat ditanyakan langkah selanjutnya setelah ditinggalkan Partai Demokrat, mantan Gubernur Lampung itu meminta awak media ini agar dapat membantu mengkomunikasikan dirinya dengan kader PDI Perjuangan Umar Ahmad.

“Coba kalau kamu bisa hubungkan saya ke Umar Ahmad,” pintanya.

Arinal nampaknya mulai panik dan berupaya melakukan pendekatan dengan Umar Ahmad agar bersedia berkoalisi dan berpasangan dengan dirinya.

Saat dikonfirmasi, dan menyampaikan harapan Arinal Djunaidi tersebut Umar Ahmad terkesan menampik secara halus.

“Ada yang lebih menarik buat Pak Arinal,” ujar Umar Ahmad.

Hingga saat ini, peta politik Pilgub Lampung RMD berada di atas angin dengan mengantongi dukungan dari Partai Gerindra (16 kursi) , PKB (11 kursi), NasDem (10 kursi) dan segera menyusul Partai Demokrat (9 kursi). Total RMD saat ini 46 kursi dari 80 kursi DPRD Lampung.

Tersisa, PDIP ( 13 kursi) saat ini surat tugasnya dikantongi Umar Ahmad, Partai Golkar (11 kursi) saat ini memberikan Surat Instruksi ke Arinal Djunaidi. Sementara PAN (8 kursi) dan PKS (7 kursi), belum mengeluarkan surat dukungan secara resmi.

Dari peta politik ini, Arinal maupun Umar masih memiliki peluang masing-masing membangun koalisi agar bisa berlayar menghadapi sang penantang RMD. (Rls)