Pemkot Bandar Lampung Akan Buka Rekrutmen PPPK

41 views

Bandar Lampung, Harianduta.com-Nafas segar bagi para honorer di Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung, Pemkot melalui Badan Kepegawaian Daerah dan Sumber Daya Manusia (BKSDM), mengumumkan akan membuka rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dalam waktu dekat. Kepala BKSDM Bandarlampung, Lelawati, menyampaikan bahwa rekrutmen ini kemungkinan akan dilaksanakan pada Oktober 2024.

Namun, pihaknya masih menunggu petunjuk teknis serta jumlah formasi dari pemerintah pusat. “Kemungkinan Oktober ya, jumlahnya bisa ratusan atau puluhan, nanti kita lihat,” ujar Lelawati saat dikonfirmasi, Selasa (01/10/2024).

Lelawati mengingatkan para calon pelamar untuk mulai mempersiapkan diri, terutama dalam melengkapi persyaratan agar tidak tersingkir pada tahap seleksi administrasi. Mengacu pada surat dari Plt Badan Kepegawaian Nasional (BKN) nomor 6610/B-KS.04.01/SD/K/2024, yang diterbitkan pada 27 September 2024, pendaftaran PPPK akan segera dibuka, termasuk jumlah dan kategori formasi yang tersedia. Surat tersebut menjelaskan bahwa akan ada 1.031.554 formasi yang direkrut di seluruh Indonesia. Namun, jumlah tersebut tidak termasuk jabatan fungsional seperti dosen, pengawas sekolah, dan tenaga kesehatan. Ada empat kategori yang dapat diisi oleh calon pelamar PPPK. Pertama, pelamar prioritas yang mencakup guru dan D-IV bidan pendidik tahun 2023.

Kategori kedua adalah eks tenaga honorer K-II, yaitu mereka yang sebelumnya sudah bekerja sebagai tenaga honorer dengan pengalaman relevan. Kategori ketiga mencakup tenaga non-ASN yang terdaftar dalam pangkalan data BKN, sementara kategori keempat adalah tenaga non-ASN yang saat ini masih aktif bekerja di instansi pemerintah