HARAPAN BARU

151 views
Pj Gubernur Samsudin usai meninjau Kota Baru dalam rangka persiapan HUT RI. (Ist)

Harianduta.com-Keseriusan nampak dilakukan oleh Pj Gubernur Lampung Samsudin dalam membangun Kota Baru. Tentu ini menjadi “HARAPAN BARU” bagi warga Lampung Selatan yang berada di lokasi tersebut. Harapan Baru Samsduin seperti menjadi program utama semenjak ia dilantik oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian untuk melanjutkan pembangunan tersebut. Hal ini ketika ingin melakukan upacara HUT RI 2024 di Kota Baru, Kecamatan Jatiagung, Kabupaten Lampung Selatan dan akan berkantor usai HUT RI di lokasi tersebut. Ia juga menggelar ‘Gowes Bareng’ Pj Gubenur Lampung Menuju Kota Baru pada 25 Agustus 2024. Tak henti-henti diucapkan Samsudin, ia bahkan meminta restu kepada penggagas, Gubernur Lampung Komjen Pol (Purn) Sjachroedin ZP (2003-2014) di Jalan Kacapiring, Kecamatan Enggal.

Dalam pertemuan itu, Samsudin menyampaikan harapannya atas dukungan Sjachroedin selama dirinya menjabat sebagai Pj. Gubernur Lampung. Samsudin juga menyampaikan akan melanjutkan pembangunan komplek perkantoran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung di Kota Baru, Jati Agung Lampung Selatan yang dimulai dengan penyelenggaraan Upacara 17 Agustus 2024 mendatang.

Samsudin menyebutkan bahkan dirinya akan mencoba memasukan Kota Baru ini ke dalam program strategis nasional atau kawasan ekonomi khusus pemerintah pusat. Nanti akan kita koordinasikan dengan Bappenas dan Menko Perekonomian sehingga pembiayaan tidak hanya tergantung dengan APBD.

Samsudin berharap dengan dimulainya kembali pembangunan Kota Baru, nantinya akan diteruskan oleh Gubernur Lampung terpilih selanjutnya.

Sementara itu, Mantan Gubernur Lampung Komjen Pol (Purn) Sjachroedin ZP menyambut baik atas rencana Pemprov Lampung yang akan menggelar Upacara 17 Agustus 2024 di Kota Baru yang merupakan inisiasi dari Pj. Gubernur Samsudin. Saat mendengar Pak Samsudin akan menggelar kegiatan di Kota Baru saya senang sekali, memang beda orang dari pusat itu wawasannya nasional. Mudah-mudahan dengan pengalaman Pak Samsudin ini bisa berjalan dengan baik.

Kemaren keseriusannya juga, Pj Gubernur Lampung Samsudin meninjau persiapan upacara HUT RI 2024. Ikut terlihat Kepala Biro Umum Setda Provinsi, M. Yuliardi dan Kepala BPKAD Provinsi Lampung, Maridno Kurniawan. Ia menjelaskan bahwa terdapat tiga opsi lokasi dalam Upacara 17 Agustus di Kota Baru. Pertama, di RSUD Bandar Negara Husada. Kedua, di Bundaran Kota Baru, dan ketiga, di Halaman Gedung Pemerintah Provinsi di Kota Baru. Dengan melihat kondisinya, memang Bundaran Kota Baru, karena di tengah-tengah. Jadi kita putuskan.

Adapun Upacara di Kota Baru memang gagasan dari Samsudin. Dia ingin menekankan bahwa pelaksanaan upacara di Kota Baru ini juga bagian dalam upaya untuk memulai kembali pergerakan-pergerakan pembangunan di Kota Baru.

Sosok Pj Gubenur Lampung Samsusdin

Samsudin ternyata bukanlah sosok asing dengan Lampung. Sebelum menjadi Pj Gubernur Lampung, Samsudin ternyata punya jejak panjang di Lampung sebagai seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang mengabdikan diri sebagai guru.

Samsudin merupakan PNS yang diperbantukan di SMA Al Kautsar Bandarlampung. Di SMA Al Kautsar Bandarlampung, Samsudin mengampu pelajaran kimia sejak 1993 hingga akhir 2002. Guru Kimia tersebut kemudian pindah ke SMAN 2 Bandarlampung pada akhir 2002 akhir atau 2003 awal.

Kepala SMA Al Kautsar Bandarlampung Eko Anzair mengatakan, pihaknya bangga karena ada mantan guru SMA Al Kautsar yang menjadi Pj Gubernur Lampung. “Saya mengenang Pak Samsudin itu merupakan guru kimia dan orangnya jujur tidak neko-neko,” kata Kepsek SMA Al Kautsar, Eko Anzair.

Samsudin mengajar di SMA Al Kautsar sekitar 9 tahun, beliau merupakan guru pertama di SMA Al Kautsar. Guru Kimia tersebut pindah ke SMAN 2 Bandarlampung pada akhir 2002 akhir atau 2003 awal, itu kalau tidak salah. Samsudin juga pernah menjabat sebagai wakil kepsek bidang sarana dan prasarana waktu zaman Kepsek Ali Imron.

Sekitar tahun 2004 pada zaman Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Samsudin ditarik ke Kemenpora dan sebagai staf ahli hukum.

Profil Samsudin

Melansir laman Kemenpora, Samsudin lahir di Subang, Jawa Barat, pada 15 Juni 1967. Sebelum dilantik sebagai Pj Gubernur Lampung, ia menjabat sebagai Staf Ahli Bidang Hukum Olahraga Kemenpora.

Samsudin meraih gelar sarjana Jurusan Pendidikan Kimia dari Universitas Lampung pada 1992. Dia kemudian melanjutkan pendidikannya di Bidang Magister Pendidikan, Universitas Lampung. Samsudin juga meraih gelar Doktor Manajemen Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

Riwayat Jabatan Struktural:

  • -Kabid Bimbingan Teknis pada Asdep Kaderisasi Kepemimpinan Pemuda (2005-2008)
  • -Kabid Pengembangan pada Asdep Kaderisasi Kepemimpinan Pemuda (2008-2011)
  • -Kabid Pengembangan Penghargaan Kepemudaan (2011-2013)
  • -Kabag Evaluasi dan Pelaporan (2013-2015)
  • -Kabag Hubungan Masyarakat (2015)
  • -Kabag Program dan Anggaran (2015-2016)
  • -Asisten Deputi Standardisasi dan Infrastuktur Olahraga (2016-2019)
  • -Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi ( 2016-2018)
  • -Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi (2016)
  • -Asisten Deputi Standardisasi dan Infrastruktur Olahraga (2016)
  • -Sekretaris Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga (2018)
  • -Staf Ahli Bidang Hukum (2018-Sekarang)

Riwayat Pendidikan dan Pelatihan:

  • -Diklatpim III BPPSDM Kesehatan Kementerian Kesehatan (2006)
  • -Diklatpim II, Lembaga Administrasi Negara (2017)
  • -Diklatpim I, Lembaga Administrasi Negara (2019)
  • -Pelatihan Bahasa Inggris National English Centre (2008)
  • -Pelatihan Pengembangan Pribadi dan Public Speaking Anggakatan III Bina Mitra Mandiri Indonesia (2010)
  • -Pelatihan Penulisan Berita, Feature dan Press Release Graha Media School (2015)