Soal Munculnya Nama Winarti dalam Bursa Cawagub dari PDIP, Pengamat Nilai Lebih Potensial Raub Suara Kaum Hawa

543 views

Bandar Lampung, Harianduta.com- DPP PDIP memberi sinyal soal kemungkinan berkoalisi dengan Partai Gerindra pada Pilgub Lampung November mendatang.

Sekretaris DPD PDIP Lampung Sutono, membeberkan beberapa nama politisi PDIP Lampung yang potensial untuk mendampingi Calon Gubernur yang diusung Gerindra.

“Kader PDIP banyak kok, ada Muklis Basri, Nanang Ermanto, Winarti, Parosil Mabsus, jadi pilihannya banyak, ada pak Sutono juga,” kata Sutono, Senin (1/7/2024).

Adapun nama Umar Ahmad sudah lebih dulu muncul untuk maju pada kontestasi Pilgub Lampung lantaran mantan Bupati Tulangbawang Barat itu sudah ikut penjaringan Balon Gubernur di PDIP.

Bahkan Umar pun sudah mendeklarasikan diri maju sebagai Calon Gubernur.

Menariknya, dari beberapa nama politisi PDIP yang potensial itu muncul nama Winarti yang notabene mewakili politisi perempuan di Lampung.

Pengamat politik dari universitas Lampung Budiyono menuturkan, dengan munculnya nama Winarti bisa menjadikan kontestasi Pilgub Lampung semakin menarik.

Pasalnya, selama ini yang muncul di masyarakat untuk maju Pilgub barulah tokoh politik dari kaum laki.

Budiyono mengutarakan, munculnya nama Winarti bisa saja meraup suara dari kaum perempuan.

Apalagi, Winarti punya pengalaman dua kali menjabat ketua DPRD Tulangbawang, yang kemudian setelahnya menjabat Bupati Tulangbawang.

“Melihat dinamika itu, saya kira Lampung bisa jadi barometer di Sumatera terkait partisipasi politisi perempuan yang menduduki tampuk kepemimpinan baik di eksekutif maupun legislatif,” ungkap Budiyono, Rabu (3/7/2024).

Budiyono mengutarakan, dengan munculnya nama Winarti sebagai tokoh politik perempuan di PDIP Lampung yang potensial maju sebagai Cawagub bisa menjadi pertimbangan partai.

Dalam konteks ini, Budiyono mengisyaratkan partai Gerindra tentunya punya pertimbangan tersendiri untuk menentukan siapa yang layak untuk mendampingi Rahmad Mirzani Djausal maju dalam Pilgub Lampung.

“Mereka pasti ada survei internal. Semua bergantung pada elektabilitas dan kemampuan sosok yang bakal didorong untuk maju Pilgub,” papar Budiyono.

Pada Pileg lalu, Winarti terpilih menjadi anggota DPRD Provinsi Lampung dari daerah pemilihan 6 yang meliputi Tulangbawang, Mesuji, dan Tulangbawang Barat.

Sementara menanggapi kemunculan namanya sebagai tokoh PDIP Lampung yang potensial maju di sebagai Calon Wakil Gubernur Lampung, Winarti mengatakan akan mengikuti arahan dan perintah partai.

Winarti mengatakan, setidaknya dia punya kedekatan dengan masyarakat di enam Kabupaten/Kota.

Seperti Lampung Tengah, Tulangbawang, Tulangbawang Barat, Mesuji, Way Kanan, dan Bandar Lampung.

“Di Pringsewu saya juga anak angkat Habib Yahya,” kata Winarti, Rabu (3/7/2024).

Adapun di Way Kanan, di daerah Negeri besar dan seputarnya menjadi basis keluarga Winarti.

Hal ini sebagaimana diungkapkan Ketua DPC PDIP Way Kanan dalam rapat kerja beberapa waktu lalu di Sheraton Hotel.