LCW Tanamkan Nilai Anti Korupsi kepada Panwascam Tulang Bawang Barat

67 views

Tulang Bawang Barat, Harianduta.com-Lampung Corruption Watch (LCW) tanamkan nilai-nilai anti korupsi bagi 27 anggota Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) se-Kabupaten Tulang Bawang Barat dalam acara pembekalan yang diadakan di Wisma Asri Tirta Makmur, Tulang Bawang Tengah, tanggal 24 Mei 2024.

“Acara ini bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai anti korupsi kepada para Panwascam yang baru saja dilantik oleh Bawaslu Kabupaten Tulang Bawang Barat,” harap Ketua LCW Juendi Leksa Utama saat memaparkan materinya dihadapan para panwascam yang didampingi Ketua Bawaslu Kabupaten Tulang Bawang Barat Agus Tomi,SH.

Juendi menekankan pentingnya prinsip-prinsip integritas, transparansi, profesionalisme, dan akuntabilitas dalam menjalankan tugas pengawasan pemilu.

“Nilai-nilai ini harus menjadi landasan setiap tindakan dan keputusan yang diambil oleh para Panwascam,” ujar advokat yang pernah ikut aktif mendampingi beberapa calon kepala daerah dalam kontestasi pilkada.

LCW menekankan bahwa pengawas pemilu wajib berpihak pada kepentingan masyarakat demi terpilihnya pemimpin yang jujur dan adil, yang pada akhirnya bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat Lampung.

“Dalam menyelesaikan sengketa pemilu, Panwascam harus memberikan keputusan yang objektif tanpa merugikan peserta pemilihan dan masyarakat sebagai pemilih calon pemimpinnya,” tambahnya

Advokat ini juga menyoroti pentingnya pencegahan dan penindakan politik uang serta menjaga netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam kontestasi Pilkada 2024 mendatang.

“Ini adalah kunci untuk menjaga integritas dan kredibilitas proses pemilu,”tegasnya

Acara pembekalan ini turut dihadiri oleh panelis lainnya, yaitu Febri Kurniawan, seorang advokat dan praktisi hukum yang memberikan perspektif hukum terkait pengawasan pemilu kepada para Panwascam.

Dengan bekal nilai-nilai anti korupsi yang telah diberikan, diharapkan para Panwascam dapat menjalankan tugas pengawasan pemilu dengan lebih baik, demi terciptanya pemilu yang bersih, jujur, dan adil di Kabupaten Tulang Bawang Barat.