Buruan, Hari Ini BUMN Buka Lowongan Kerja Untuk 1830 Posisi

153 views

Harianduta.com-Asyik, bagi pencari kerja pemerintah melalui Forum Human Capital Indonesia Kementerian Badan Usaha Milik Negara (FHCI BUMN) resmi membuka pendaftaran Rekrutmen Bersama BUMN 2024 hari ini, Sabtu (23/3/2024). Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Umum Forum Human Capital Indonesia (FHCI) Alexandra Askandar dalam konferensi pers Rekrutmen Bersama BUMN (RBB) Tahun 2024 di Media Center, Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (21/3/2024). “Pada tahun ini Rekrutmen Bersama akan dibuka pada 23 Maret 2024 dengan tahapan Tes yaitu TKD (Tes Kemampuan Dasar), AKHLAK, dan Bahasa Inggris, yang kemudian dilanjutkan dengan seleksi pada masing-masing BUMN,” ujarnya.

Calon pelamar dapat melakukan registrasi dan apply posisi yang berlangsung pada 23 Maret sampai dengan 1 April 2024. Kendati demikian, khusus pelamar yang sudah pernah mendaftar RBB 2023, bisa langsung masuk dengan akun lama (kecuali akun yang sudah di-blacklist). Pelamar dapat login kembali menggunakan akun yang sudah pernah didaftarkan. Selanjutnya, pelamar dapat memperbarui data di bagian pendidikan, alamat, dan sertifikasi.

Jumlah posisi yang dibutuhkan Alexandra mengungkapkan, ada lebih dari 100 BUMN yang turut berpartisipasi dalam RBB 2024 yang membuka 688 lowongan kerja untuk 1.830 posisi. Berikut beberapa posisi yang paling banyak dibutuhkan Kementerian BUMN dalam Rekrutmen Bersama BUMN 2024:

Bidang pemasaran Bidang operasi Bidang teknik atau engineering Bidang teknologi informasi (TI) Bidang keuangan Bidang legal.

Selanjutnya, RBB 2024 akan menerapkan beberapa tahapan tes yang terdiri dari: Tes Kemampuan Dasar (TKD), AKHLAK dan Wawasan Kebangsaan. Tes Bahasa Inggris & Learning Agility Tes Kemampuan Bidang (TKB), Wawancara User, Digital Mindset, Social Media Analytic dan Medical Check-Up (MCU) yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing BUMN.

Tata cara daftar Rekrutmen Bersama BUMN 2024 Berikut tata cara daftar Rekrutmen Bersama BUMN 2024: 1. Pelamar hanya dapat melamar melalui situs web https://rekrutmenbersama2024.fhcibumn.id dengan mengikuti petunjuk pendaftaran. Tidak ada jalur lain yang digunakan untuk pengiriman lamaran. 2. Pelamar wajib memiliki alamat e-mail pribadi dan nomor telepon seluler yang masih aktif untuk dapat mengikuti proses seleksi. Pelamar dilarang menggunakan alamat e-mail milik orang lain/kantor dalam proses pendaftaran. 3. Tidak ada layanan untuk perubahan atau koreksi seluruh data-data serta dokumen yang telah dikirim oleh pelamar. 4. Untuk memudahkan registrasi online, persiapkan terlebih dahulu beberapa dokumen atau berkas di bawah ini: Foto profil (wajib) Kartu Tanda Penduduk (KTP) (wajib) Transkip nilai atau nilai ujian sekolah (wajib) Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) jika ada Sertifikat pelatihan, bahasa Inggris, dan lainnya (jika ada) Surat rekomendasi (jika ada). Peserta dapat mengunduh templatnya di sini. Setiap dokumen yang terdiri lebih dari 1, seperti ijazah untuk 2 pendidikan wajib disatukan dalam 1 file dokumen. Baca juga: Rekrutmen Bersama BUMN 2024 Ada 1.830 Posisi, Lulusan SMA dan Difabel Bisa Daftar Persyaratan Rekrutmen Bersama BUMN 2024 Berikut beberapa persyaratan untuk Rekrutmen Bersama BUMN 2024: Warga Negara Indonesia (WNI) Usia maksimal per 23 Maret 2024 mengikuti jenjang pendidikan sebagai berikut: Lulusan baru (fresh graduate) SMA/SMK: 25 tahun Diploma III: 27 tahun S1/Diploma IV: 30 tahun S2: 35 tahun Experience Hire: 45 tahun untuk semua jenjang pendidikan Nilai IPK minimal 3.00 (skala 4.00) untuk D-III/D-IV/S-1 dan minimal 3.25 (skala 4.00) untuk S2 Nilai rata-rata ujian sekolah minimal 75 (skala 100) untuk lulusan SMA/SMK Peserta bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia Jenis kelamin menyesuaikan kebutuhan posisi masing-masing BUMN Sehat jasmani, rohani, dan bebas narkoba Dokumen SKCK dari Kepolisian (jika ada) Sertifikasi pelatihan yang sesuai dengan kompetensi dan rekomendasi pengalaman kerja apabila ada Rekomendasi Komunitas (berprestasi di Bidang Olahraga/Seni/Digital Creator/Start Up) apabila ada.(Kmc)