Tim Monitoring dan Evaluasi Program Kerja Pokja 1 TP PKK Pusat Lakukan Monev di Tubaba

81 views

 

 

Harianduta.com- Tulang Bawang Barat -Penjabat (Pj) Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) Dra. Hanita Farial Firsada, M. Si menyambut kunjungan Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) Program Kerja (Pokja) I, di Aula Pemda Setempat, Selasa (19/12/2023). 

Pj. Ketua TP-PKK Tubaba Hanita Farial Firsada, dalam sambutannya mengatakan ada tiga komponen yang tercakup dalam pembangunan di Tubaba, yaitu faktor pendatang, budaya dan spiritualisasi, serta ekologi. Dan pembangunan di Tubaba berasal dari nilai yang sudah mengakar baik penduduk asli Tubaba maupun penduduk transmigrasi.

 

“Tubaba memiliki tiga komponen pembangunan, yaitu faktor pendatang, budaya dan spiritualisasi, serta faktor ekologi. Pembangunan di Tubaba juga berasal dari nilai penduduk asli ataupun penduduk transmigrasi”. Ujar Hanita.

 

Dalam upaya pencapaian pembangunan yang selaras dengan program PKK, lanjut Hanita. TP PKK Kabupaten Tubaba telah memberikan dukungan penuh, melalui kegiatan yang dilaksanakan tingkat Tiyuh,Desa/Kelurahan.

 

“TP PKK Kab Tubaba telah memberikan dukungan penuh melalui kegiatan yang dilaksanakan tingkat Tiyuh, Desa/Kelurahan guna pencapaian pembangunan yang selaras dengan program PKK”. Lanjut Hanita.

 

Program kegiatan yang telah dilaksanakan Nenemo Mandiri Pangan K3W (Kebun Kadang Kolam dan Pengembangan Desa Wisata), upaya penanganan dan pencegahan stunting serta mengurangi laju inflasi.

 

Monitoring ini dilanjutkan ke Tiyuh Gunung Katun Tanjungan Kecamatan Tulang Bawang Udik, yang merupakan pendukung program kerja pokja I dengan memanfaatkan pekarangan rumah dan hasilnya dibagikan sebagai bentuk gotong-royong masyarakat terutama untuk mengatasi stunting.

 

Sementara Sekertaris I TP PKK Pusat, Meydy Ds Malonda, Monitoring yang dilakukan di kebun TP PKK Tiyuh Gunung Katun Tanjungan merupakan salah satu program kerja TP PKK Pusat yakni melakukan pelatihan karakter keluarga dari tingkat Nasional, Provinsi, Kabupaten, Kecamatan, sampai tingkat Desa.

“Tujuan kedatangan kami dalam rangka menjalankan salah satu dari 10 program kerja TP PKK Pusat”. Ujar Meydy.

Selanjutnya ia, mengapresiasi langkah dan upaya TP PKK Tiyuh Gunung Katun Tanjungan yang saat ini dinilai telah berhasil dalam menjalankan program ketahanan pangan dalam upaya mencegah dan menekan angka stunting di Kabupaten berjuluk Ragem Sai Mangi Wawai.

 

Meydy juga menghimbau dan berharap, kedepannya TP PKK Tiyuh Gunung Katun Tanjungaan dapat meningkatkan kolaborasi bersama seluruh pemangku kepentingan baik Pemerintah Kabupaten (Pemkab), maupun Kelompok Masyarakat setempat. 

Hal itu perlu dilakukan karena untuk terciptanya suatu keberhasilan yang dapat dirasakan secara nyata oleh seluruh masyarakat.

“Suatu keberhasilan perlu melibatkan beberapa pihak. Oleh karena itu, saya harap TP PKK Tiyuh Gunung Katun Tanjung ini dapat meningkatkan kolaborasi terhadap beberapa pihak agar suatu keberhasilan yang diharapkan dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat,” sambung Meydy.

Acara tersebut dihadiri oleh Pj. ketua TP. PKK Kabupaten Tubaba Hanita Farial Firsada, M.Si., Ketua Tim Evaluasi TP. PKK pusat, Staf ahli Pendidikan dan pembinaan Karakter Keluarga Irjenpol Purn Sri Handyani. Beserta rombongan, Ketua 1 TP. PKK prov Lampung Yani Fahrizal beserta jajaran, dan seluruh anggota PKK Kab Tubaba.(Yuda)