Hendri Atmajaya : Pemrov Lampung Siap Gelar HUT RI di Kota Baru

154 views

Bandar Lampung – Ketua DPRD Lampung Mingrum Gumay bersama Pj. Gubernur Samsudin meninjau lokasi Kota Baru, Lampung Selatan, yang akan dijadikan pusat peringatan HUT RI Ke-79. Rabu (14/8/2024).

Turut hadir dalam proses persiapan peringatan HUT RI ke-79 di Kota Baru, Sekdaprov Fahrizal Darminto, Kabag Humas dan Protokol Sekretariat DPRD Lampung Hendri Atmajaya dan pejabat Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Lampung.

Kabag Humas dan Protokol DPRD Provinsi Lampung Hendri Atmajaya menjelaskan, Ketua DPRD Lampung Mingrum Gumay bersama Pj Gubernur Lampung Samsudin mendatangi Pusat Perkantoran Pemerintah Provinsi di Kota Baru dalam rangka melakukan peninjauan persiapan untuk upacara peringatan HUT RI ke-79.

“Hasil peninjauan tadi, sepertinya Pemrov Lampung telah siap melaksanakan upacara peringatan HUT RI ke 79 di Kota Baru, Lampung Selatan,” terang Hendri.

Pada kesempatan yang sama, Mingrum Gumay bersama Pj Gubernur Samsudin juga melihat langsung latihan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang nantinya akan bertugas pada upacara peringatan HUT RI ke-79 di Kota Baru, Lampung Selatan.

Mingrum Gumay juga memberikan apresiasi, arahan dan semangat kepada para personel Paskibraka yang akan bertugas pada upacara HUT RI ke-79 Pemprov Lampung di Kota Baru, Lampung Selatan.

Diketahui sebelumnya, Pj. Gubernur Samsudin memutuskan Pemerintah Provinsi Lampung akan memusatkan rangkaian acara Peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI di Kotabaru Lampung Selatan.

Berbagai persiapan telah dilakukan untuk menyukseskan dan menyemarakkan Peringatan HUT Ke-79 RI di Kotabaru. Di dalam rapat, Sekdaprov melakukan pengecekan kesiapan kegiatan, diantaranya upacara peringatan HUT ke-79, upacara penurunan Bendera Merah Putih, menyaksikan detik-detik proklamasi di IKN secara virtual.

Upacara pengibaran bendera Peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI akan digelar di Bundaran Kotabaru dan dipimpin langsung oleh Pj. Gubernur Lampung. Di sore harinya juga akan dilaksanakan upacara penurunan bendera di lokasi yang sama.

Mengingat akan banyaknya jumlah personil yang akan terlibat dalam kegiatan tersebut, Pemerintah Provinsi Lampung juga akan menyiapkan dapur umum dan toilet portable.

Pj. Gubernur Samsudin menyebutkan bahwa HUT ke-79 Kemerdekaan RI adalah peristiwa yang sakral dimana seluruh masyarakat bergembira dan bersyukur atas Kemerdekaan Republik Indonesia.

Oleh karenanya, Pj. Gubernur meminta agar seluruh kegiatan, baik yang formal maupun non formal dapat berjalan dengan baik dan lancar. Pj. Gubernur juga meminta agar seluruh OPD dan Forkopimda saling bekerjasama dan memberikan dukungan optimal demi suksesnya pelaksanaan peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI.

Pj. Gubernur berharap agar saat H-2 pelaksanaan, persiapan telah mencapai 90 persen. Pj. Gubernur juga mengajak seluruh OPD terkait untuk melakukan pengecekan langsung ke lokasi kegiatan.

“Terimakasih dan atensi yang luar biasa untuk bapak ibu semua, Forkopimda, TNI, Polri yang hadir. Semoga apa yang kita lakukan berjalan dengan baik, nyaman, aman dan memberikan kebahagiaan bagi kita dan seluruh masyarakat,” ujar Pj. Gubernur.

Berikut rangkaian kegiatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI Provinsi Lampung.

11-15 Agustus 2024 – Lapangan Tenis Pemprov Lampung Kejuaraan Tenis

15 Agustus 2024 – Ruang Abung Balai Keratun Donor Darah

16 Agustus 2024 – Ruang Sidang DPRD Provinsi Lampung Rapat Paripurna DPRD

16 Agustus 2024 – Balai Keratun Lt. III

Pengukuhan Paskibraka sekaligus Penyerahan Duplikat Bendera Pusaka

16 Agustus 2024 – Taman Makam Pahlawan

Apel Kehormatan & Renungan Suci

17 Agustus 2024 – Bundaran Kotabaru Upacara Peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI

17 Agustus 2024 – RSUD Bandar Negara Husada Menyaksikan Upacara Detik-Detik Proklamasi di Ibukota Nusantara (IKN) secara Virtual

17 Agustus 2024 – LP Way Hui Penyampaian Remisi dari Menkumham RI

17 Agustus 2024 – Bundaran Kota baru upacara Penurunan Bendera Merah Putih

18 Agustus 2024 – Mahan Agung Ramah Tamah Paskibraka dan Forkopimda

25 Agustus 2024 – Taman Agropark Sabah Balau Sepeda Santai

25 Agustus 2024 – Taman Agropark Sabah Balau Senam Bersama, Lomba Tradisional antar OPD

25 Agustus 2024 – Taman Agropark Sabah Balau Festival Nyeruit. (*)