Ikatan Keluarga Papua Lampung Siap Sukseskan Pilkada Serentak 2024

48 views

Bandar Lampung, Harianduta.com- Ikatan Keluarga Papua Lampung yang diketuai oleh Pdt. Tonny Bettay siap mendukung pelaksanaan pemilihan kepala daerah atau pilkada serentak 27 November 2024, sehingga berjalan sesuai pelaksanaan dan ikut  menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas). Hal itu untuk menciptakan pilkada yang kondusif, sejuk, aman dan damai.

Pdt. Tonny Bettay, juga mengajak warga papua yang sedang menempuh pendidikan di sekolah Alkitab Kota Bandar Lampung untuk tetap menjaga situasi yang kondusif dan tidak melakukan pelanggaran hukum.

Segaimana diketahui memasuki ajaran baru Ikatan Keluarga Papua Lampung rencananya akan mendapatkan mahasiswa baru yang berasal dari Provinsi Papua dan akan bersekolah di Sekolah Alkitab Kota Bandar Lampung.

Guna mempererat silaturahmi dan kekeluargaan Ikatan Keluarga Papua Lampung di Provinsi  Lampung, Keluarga Papua siap mendukung Polda Lampung dalam mejaga kamtibmas. Dan Polda Lampung juga mendukung siswa papua yang selesai menempuh pendidikan di Provinsi Lampung dan berencana pulang ke Provinsi Papua.

“Sehingga melalui kegiatan tersebut Ketua Ikatan Keluarga Papua Lampung, siap mensukseskan dan menjaga situasi yang kondusif selama berlangsungnya rangkaian Pilkada serentak 2024 di Provinsi Lampung,” kata Pdt. Tonny Bettay, Jumat (26/7)

“Oleh karena itu wajib bagi kita semua untuk saling menjaga dan turut terlibat dalam menyukseskan pilkada 2024 yang sudah semakin dekat,” ujarnya.

Penyelenggaraan Pilkada di Provinsi Lampung, memiliki tantangan tersendiri. Sebagai daerah yang memiliki dinamika sosial, politik, dan budaya yang kompleks, semua pihak harus menjaga situasi keamanan dan ketertiban agar proses demokrasi ini dapat berjalan aman, damai, dan lancar.

Untuk itu, dirinya sangat mengapresiasi dan mendukung upaya jajaran kepolisian yang akan mengamankan jalannya Pilkada 2024. “Upaya pengamanan ini menjadi sangat penting untuk menjaga situasi Lampung menjelang, saat dan pasca pilkada nanti,” ucapnya.

Lanjutnya, pihaknya pun akan mendukung terwujudnya Pilkada yang aman, damai, dan bermartabat. Serta Pilkada yang mencerminkan kedewasaan masyarakat, khususnya Lampung dalam berdemokrasi.

“Saya optimis didasarkan pengalaman selama ini, dimana masyarakat Lampung terbukti mampu menjaga situasi tetap kondusif dalam berbagai momen, seperti pilpres/pileg, dan agenda penting lainnya,” ucapnya. Tak hanya itu sepenuhnya juga  mendukung langkah-langkah dari pihak kepolisian dalam mencegah serta menangkal hoax dan isu sara yang dapat memecah persatuan dan kesatuan.

“Jangan sampai ada celah yang dapat dimanfaatkan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk mengganggu jalannya pesta demokrasi,” kata dia.

Selain itu, perlu didorong partisipasi aktif masyarakat dalam menjaga situasi kondusif selama pilkada berlangsung. Masyarakat adalah garda terdepan dalam mengawal proses demokrasi. Oleh karena itu diajak seluruh elemen masyarakat untuk senantiasa waspada cerdas dan bijak dalam menyikapi berbagai informasi dan situasi yang dapat memicu perpecahan.

“Saya yakin dengan semangat persatuan, kolaborasi, dan koordinasi yang kuat, Pilkada tahun 2024, khususnya di Lampung akan berlangsung dengan lancar aman dan damai,” pungkasnya.